Definisi SEO Dalam Sistem Pencarian di Google

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang pengertian seo dalam sistem pencarian Google serta apa manfaat seo bagi sebuah blog atau website . Sebenarnya sudah banyak yang menjelaskan secara jelas tentang definisi seo dan cara kerja seo di Google , tetapi tidak ada salahnya jika saya kembali memberikan penjelasannya dalam artikel saya kali ini .

Definisi SEO Dalam Sistem Pencarian di Google

Apa Itu SEO ?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang memiliki arti dalam bahasa Indonesia yaitu optimisasi mesin pencari atau yang biasa disebut search engine . Maka dalam arti seo itu sendiri bisa kita pahami secara singkat bahwa seo merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk mengoptimasi sebuah blog atau website dalam mesin pencari .

Bagaimana Cara Menerapkan Teknik SEO ?

Bagi seorang blogger atau pemilik sebuah website pasti menginginkan blog miliknya ramai dikunjungi oleh pengunjung , maka upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan itu memerlukan promosi agar mudah dikenal orang dan dikunjungi .

Selain melakukan promosi blog atau website maka hal yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan teknik seo ke blog atau website miliknya , dalam melakukan teknik seo pada blog atau website terbagi menjadi dua teknik yaitu teknik seo onpage dan teknik seo offpage .

Teknik seo onpage adalah sebuah teknik menerapkan seo dari dalam blog itu sendiri atau didalam artikel , dalam menerapkan teknik ini bisa dilakukan dengan menulis artikel seo friendly , memilih template blog seo friendly , mengoptimalkan meta tag blogspot .

Sedangkan teknik seo offpage adalah sebuah teknik menerapkan seo dari luar blog , dalam menerapkan teknik seo offpage ini bisa dilakukan dengan mencari backlink berkualitas , melakukan blogwalking , melakukan promosi blog ke sosial media atau website directory .

Melakukan teknik seo terhadap hasil penelusuran mesin pencari terutama search engine Google memang sangat berkaitan dan berhubungan . Seperti kita ketahui bahwa Google sudah menyediakan layanan webmaster Google yang sangat berguna agar artikel blog mudah terindex oleh mesin pencari Google .

Dengan menggunakan webmaster kita bisa membuat artikel yang kita buat menjadi terindex oleh Google dan tentunya akan mendatangkan pengunjung ke blog milik kita sehingga blog yang kita kelola menjadi ramai oleh pengunjung yang berasal dari mesin pencari atau bisa disebut dengan pengunjung organik .

Dalam menggunakan webmaster Google kita perlu mendaftarnya terlebih dahulu dengan menggunakan akun Gmail yang kita punya dan barulah kita bisa mengelola blog kita di webmaster Google dan menjadi lebih terkenal dan banyak pengunjung .

Manfaat Melakukan SEO

Sudah saya jelaskan bahwa menerapkan teknik seo pada sebuah blog atau website memiliki banyak manfaat , dan salah satu manfaat yang paling nyata adalah pengunjung blog menjadi bertambah ramai yang berasal dari mesin pencari ( search engine ) .

Selain itu bagi anda yang menjalankan bisnis online maka manfaat seo akan terasa yaitu bisnis online anda akan menjadi lebih dikenal konsumen , sehingga pembeli yang membeli produk yang anda pasarkan juga akan semakin bertambah jika anda menerapkan teknik seo pada usaha bisnis online anda .

Bagi anda yang merupakan publisher salah satu program ppc ( pay per click ) yaitu adsense maka menerapkan teknik seo ini akan sangat berguna dan bermanfaat karena akan menambah penghasilan anda dalam menjalankan bisnis Google Adsene di blog milik anda .

Karena sudah banyak riset bahwa pengunjung terbaik untuk adsense adalah pengunjung organik atau yang berasal dari mesin pencari Google , sehingga nilai klik yang dihasilkan lebih besar jika dibandingkan dengan pengunjung yang berasal dari promosi di forum atau sosial media lainnya .

Selain manfaat dari teknik seo diatas , sebenarnya masih ada banyak manfaat lagi yang bisa didapatkan jika anda mulai mempelajari serta menerapkan seo dalam sebuah blog yang anda kelola , selain seo anda juga bisa mengimbanginya dengan berpromosi online melalui sosial media .

Kesimpulan

Jadi jika anda menginginkan blog milik anda dikunjungi oleh banyak pengunjung terutama yang berasal dari search engine , maka tidak ada salahna jika anda menerapkan teknik seo pada blog anda , baik teknik seo onpage maupun teknik seo offpage yang sudah saya jelaskan diatas .

Sampai disini saya rasa anda sudah mengetahui Apa Itu SEO serta Kegunaan SEO yang bisa anda dapatkan jika menerapkannya di blog atau website yang anda kelola , semoga artikel ini bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel saya yang lain .

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Definisi SEO Dalam Sistem Pencarian di Google"

Posting Komentar